Sebelum di Bawa Mudik Cek Timing Belt Mobil Anda

Chat Via wa

Sebelum di Bawa Mudik Cek Timing Belt Mobil Anda | Menjelang Lebaran bengkel-bengkel resmi maupun tidak resmi mulai dibanjiri kendaraan untuk diservis. Kendaraan-kendaraan itu umumnya akan digunakan untuk mudik.

Ada beberapa bagian penting yang harus diperiksa pada mobil yang akan digunakan untuk perjalanan jauh, yakni mesin, fungsi rem, hingga penerangan. Bagi calon pemudik yang rutin melakukan servis berkala, tidak perlu khawatir dengan kondisi mobil.

Menurut General Manager Technical Service Division, PT Toyota Astra Motor (TAM), Dedi Hendriadi, mesin mobil-mobil keluaran sekarang pada umumnya memiliki durability yang baik. Namun tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan atau servis ringan untuk memastikan kondisinya aman.

Paling tidak, kata dia, pemilik kendaraan memeriksa komponen timing belt. Terlebih mobil yang usia pemakaiannya sudah memasuki 40 ribu sampai 60 ribu kilometer. Bila timing belt putus di jalan, mobil tidak akan jalan. Jika peristiwa itu terjadi di jalan tol atau di daerah yang perlengkapan bengkelnya kurang memadai, maka akan sangat merepotkan pemudik.

Selain itu, untuk mobil yang odometernya baru memasuki 10 ribu km atau kelipatannya, disarankan untuk mengganti oli filter, minyak rem, dan memeriksa komponen-komponen di bagian bawah mobil.

“Sebaiknya sebelum berangkat mudik lakukan servis berkala. Yang harus diperhatikan timing belt, takutnya sudah retak. Tapi kalau rajin servis berkala dan bila sudah menemukan kecurigaan pasti langsung diganti,” tambah Dedi.

Selain itu, ada beberapa bagian yang bisa diperiksa sendiri di rumah, yakni kuantitas oli, fungsi rem, air radiator, air untuk wiper, lampu utama apakah masih cukup terang, dan kondisi ban. Ban terkesan sangat sepele padahal bagian itu merupakan komponen vital keselamatan di jalan.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant | Otosentrum.com
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu
Alamat Dealer Mitsubishi

Artikel Terkait

Rencana Mudik Menggunakan Mobil City Car Mitsubishi Rencana Mudik Menggunakan Mobil City Car Mitsubishi | Ramadhan tahun ini telah melewati pecan pertamanya. Walaupun setidaknya masih ada tiga minggu ke...
Cara Melakukan Pengereman di 5 Jenis Tikungan Cara Melakukan Pengereman di 5 Jenis Tikungan | Saat berkendara pada kecepatan sedang atau tinggi di tikungan, seringkali mobil tak terkendali. Apalag...
Posted in Tips Trik and tagged , , , , , , , .