Cara Melakukan Pengereman di 5 Jenis Tikungan

Chat Via wa

Cara Melakukan Pengereman di 5 Jenis Tikungan | Saat berkendara pada kecepatan sedang atau tinggi di tikungan, seringkali mobil tak terkendali. Apalagi sewaktu pengemudi mencoba menghentikan lajunya dengan rem.

Hal seperti ini kerap dialami ketika melewati tikungan yang kering, basah, berkerikil dan berpasir maupun bertanah. Butuh teknik dasar yang benar melewati medan seperti itu. Menurut pembalap, Fitri Eri, pengereman terbagi menjadi tiga bagian, yaitu rem tangan, rem kaki dan engine break.

Seperti yang sudah diketahui, pengeremean dilakukan saat mobil masih melaju lurus bukan saat menikung, walaupun terkadang terpaksa melakukan pengereman saat menikung juga dilakukan. Tetapi jangan sekali-sekali menginjak rem secara mendadak karena bisa menyebabkan mobil tergelincir dan tak terkendali.

1. Saat melewati jalan kering

Berbagai kondisi jalan membuat pengemudi harus jeli memahami teknik pengereman di tikungan yang benar. Pengereman di tikungan ketika melalui jalan kering misalnya, kondisi ban harus lebih menapak, sehingga kontrol mobil terkendali 90%.

Sisanya, hanya berupa decitan suara ban. Dengan kecepatan tinggi, maka posisikanlah mobil Anda secara lurus. Lalu, barulah melakukan manuver yang terkendali.

2. Jalan basah

Saat melakukan pengereman di tikungan jalan basah, mobil dapat terkendali sekitar 70% ketika melaju pada kecepatan tinggi. Namun kontrol kendali mobil masih bisa dirasakan.

Hanya dalam kondisi ini perlu keseimbangan antara tekanan pedal gas dan rem guna menghindari terjadinya selip pada kecepatan tinggi. Pada kecepatan rendah dan sedang, faktor jenis dan tapak ban lebih berpengaruh.

3. Jalan berkerikil

Ketika melewati jalan berkerikil, dapat dibilang kendali mobil menjadi tidak stabil. Walaupun demikian, mobil masih dapat dikendalikan sebesar 80%.

Penyebab terjadi demikian karena, batu kerikil tidak menyatu dengan aspal, sehingga permukaan ban berada di atas kerikil bukan aspal. Lebih baik menghindari jalan kerikil seperti ini, terkecuali menggunakan ban khusus.

4. Jalan berpasir

Sedangkan untuk melalui jalan berpasir, mobil masih tetap bisa dikendalikan walaupun lebih berisiko dibandingkan tikungan jalan basah. Faktor pengendalian hanya sebesar 70% tergantung kecepatan dan jenis ban.

5. Jalan bertanah

Pengereman pun sebaiknya dalam keadaan lurus sebelum melakukan manuver.

Jika melalui jalan bertanah, Anda bisa mengendalikan mobil sebesar 60%, terutama pada jenis tanah yang masih diselimuti embun pagi. Lebih baik, hindari tikungan jalan seperti ini.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant | Otosentrum.com
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu
Alamat Dealer Mitsubishi

Posted in Tips Trik and tagged , , , , , , , , .