Begini Cara Mereparasi Body Mobil Penyok

Chat Via wa

Begini Cara Mereparasi Body Mobil Penyok | Beberapa pemudik yang menggunakan mobil kerap mengeluhkan kondisi kendaraannya usai melakukan perjalanan. Paling sering terjadi adalah munculnya penyok kecil atau baret. Penyebabnya pun kadang tidak jelas, tapi yang pasti tampilan eksterior tak sedap dipandang mata.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut ada beberapa cara, metodenya bisa rumahan atau bengkel “ketok magic”. Hendy, pemilik bengkel reparasi bodi HJ Autoworks menjelaskan, hampir sebagian besar pengobatan “lesung pipit” seharusnya dilakukan di tangan ahli dengan peralatan mumpuni. Namun untuk beberapa kasus bisa diselesaikan di rumah, tapi tetap ada batasannya. “Kalau tidak terlalu paham, paling penting jangan tekan dari luar, kalau salah penyoknya malah tambah banyak,” ujar Hendy.

Pada lain kesempatan Yosef Bee, pemilik rumah modifikasi H20 Bodyworks menambahkan, “repair bodi mobil kategori rumahan bisa dilakukan apabila cacat tidak mengubah struktur mobil serta posisi tidak sulit. Penyok halus tanpa sudut masih bisa diperbaiki sendiri, tapi perlu hati-hati.”

Alat bantu

Caranya, memakai alat bantu palu karet, posisi cekung di bodi luar ditekan atau diketok perlahan dari bagian dalam. Misal penyok ada di panel pintu, pemilik yang ingin coba memperbaiki harus melepas door trim dan komponen yang menghalangi terlebih dahulu.

Kini sudah beredar produk aftermarket vakum yang bisa memperbaiki penyok. Cekungan bisa “dihisap” hingga terangkat kembali ke posisi semula. Yosef menambahkan, meski terlihat mudah namun menggunakan perkakas itu juga butuh keahlian. “Pemakaian harus berbeda buat plat bodi setebal 1 mm atau 2 mm, agak sulit kalau tidak terbiasa. Lebih baik diserahkan ke ahlinya,” tukas Yosef.

“Ketok magic

Buat penyakit yang lebih parah, solusinya hanya dikerjakan di bengkel “ketok magic”. Yosef mengatakan kata magic yang biasa digunakan itu sama artinya dengan skill, karena memperbaiki bodi butuh keahlian dan pengalaman.

Besaran luka, posisi, dan tingkat kesulitan menentukan harga, mulai dari Rp 100-200 ribu per satu titik penyok. Usai diperbaiki, masih ada lagi biaya pengecatan, setiap panel seperti pintu dikenakan ongkos pengerjaan mulai Rp 500 ribu.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant | otosentrum.com
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu
Alamat Dealer Mitsubishi

Posted in Tips Trik.