Tips Membeli Membeli Mitsubishi Lancer EX Bekas

Tips Membeli Membeli Mitsubishi Lancer EX Bekas  | Di penghujung akhir tahun 90-an, ajang reli internasional World Rally Championship digemparkan dengan kemenangan  Mitsubishi secara beruntun. Saat itu pabrikan Jepang tersebut melalui pembalap andalannya Tommi Makinen menang selama empat musim dari 1996-1999.

Dari situlah nama Mitsubishi Lancer mendunia hingga ke Indonesia. Karena harganya yang sangat mahal dengan spesifikasi tinggi, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors meluncurkan Mitsubishi Lancer EX dengan harga terjangkau pada 2008.

Tampilannya terlihat sporti dengan grill trapezoidal dengan lubang udara besar. Pelek alloy 18 inci ditambah spoiler belakang menguatkan aura sporti. Terlebih wajahnya mirip dengan sang kakak, Evolution X yang bermesin turbo dan berpenggerak all-wheel drive.

Akomodasi kabinnya tergolong lapang dengan ruang kaki dan kepala yang luas. Sehingga Anda bisa membawa tiga penumpang tanpa harus mengkhawatirkan penumpang belakang kesempitan. Ini menjadi nilai tambah bila ingin menggunakan Lancer EX untuk sehari-hari.

Dibekali mesin berkode 4B11 berkapasitas 1.998 cc dengan teknologi katup variabel MIVEC, tenaganya mencapai 155 dk. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT. Asyiknya, tersedia mode sport yang membuat pedal gas terasa sensitif dengan hentakan yang sensasional.

Pengalaman berkendaranya cukup menyenangkan walaupun pengaturan suspensinya agak keras. Saat kami mengujinya baik di lintasan lurus maupun diajak bermanuver setir tidak terasa gejala oversteer. Ini cocok untuk Anda yang suka mengemudi agresif.

Multi Information Display (MID), paddle shift di balik kemudi, AC climate control dan tombol audi di setir menjadi fitur standar. Ini menambah kenyamanan mobil di dalam kabin. Nah, apa saja yang harus dicek dan diperhatikan? Simak ulasan kami.

HISTORY

1997 : Nama Mitsubishi Lancer mulai dikenal oleh publik Indonesia karena kiprah suksesnya di WRC. Lancer generasi keenam ini hadir dengan banyak desain. Mulai dari desain 2 pintu untuk coupe, 4 pintu untuk sedan dan 5 pintu untuk tipe station wagon. Tetapi tidak semua dijual di Indonesia. Mesinnya menggunakan DOHC dengan transmisi otomatis 4-speed dan manual 5-speed.

2002 : Mitsubishi Lancer generasi kedelapan diluncurkan dengan sedikit perubahan dibanding generasi sebelumnya. Tidak ada perubahan pada kerangka dasarnya. Meskipun secara global ada banyak pilihan mesin, di Indonesia yang dijual adalah mesin 1.998 cc DOHC 16 valve  dengan tekonologi MIVEC.

2008 : Mitsubishi meluncurkan generasi terbaru dari Lancer Evolution IX. Namun PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors tidak hanya meluncurkan mobil berspesifikasi balap, Lancer EX didapuk sebagai sedan medium sporti dengan harga lebih terjangkau. Desainnya yang mirip dengan Lancer Evo IX menjadi daya tarik. Meskipun secara spesifikasi jauh berbeda dengan kakaknya.

20140626_Manual_Outlander_Sports-05
Mesin
CHECKLIST

Mitsubishi Lancer EX dibekali mesin 1.998 cc 4-silinder bertenaga 155 dk. Teknologinya sudah tergolong canggih dengan katup variabel MIVEC. Perlu diperhatikan apakah pemilik sebelumnya rutin melakukan perawatan berkala. Bila perlu bawa mekanik sendiri untuk mengecek spare parts apakah masih kondisi baik atau tidak. Cek juga keaslian spare parts karena mobil ini sering dimodifikasi.

Transmisi
Mitsubishi Lancer EX memang sudah dibekali transmisi modern CVT. Namun tidak ada salahnya lakukan pengetes­an di jalan coba berakselerasi dan deselerasi. Rasakan dengan teliti apakah ada perpindahan tuas transmisi yang kasar atau terjadi sentakan. Bila ada yang bermasalah segera cek ke bengkel terdekat.

Suspensi
Pengaturan suspensi Mitsubishi Lancer EX memang dibuat agak keras. Bagi Anda yang bisa merasakan secara jeli, coba lintasi jalanan tidak rata apakah masih normal tingkat kekerasannya. Bila terasa tidak nyaman dan ragu, segera cek kaki-kakinya untuk memastikan masih berkondisi baik.

 

PERHATIKAN

Interior
Tampilan eksterior Mitsubishi Lancer EX memang tampak sporti layaknya Evo X. Tetapi Anda jangan kaget ketika melihat interiornya yang cenderung datar. Tidak ada desain yang spesial serta materialnya yang dibuat berbeda dengan sang kakak.

Servis rutin
Servis rutin menjadi kewajib­an terlebih mobil ini tergolong langka. Pastikan pemilik sebelumnya tidak malas merawat mobil seperti mengganti oli, servis berkala dan mengganti komponen yang telah aus.

Peredam
Pada 2010, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors melakukan revisi dengan menambahkan peredam pada Lancer EX 2.0 GT. Konsumen sebelumnya mengeluhkan kebisingan mesin masuk ke kabin. Ditambahkanlah peredam di balik kap mesin, firewall dan rumah roda. Pastikan mobil yang Anda beli sudah mempunyai peredam ini sehingga kabin tetap senyap.

REKOMENDASI
Tidak banyak populasi Mitsubishi Lancer EX di Indonesia. Mobil dengan tampilan sporti ini umumnya dipakai untuk modifikasi. Pastikan mesin masih berfungsi dengan normal dengan melakukan test drive. Pengecekan di bengkel bisa dimanfaatkan agar tidak menyesal. Mobil ini cocok bagi yang masih berjiwa muda dan menyukai kecepatan karena tenaganya cukup besar dengan tampilan ala balap.

PENDAPAT BENGKEL
Dede
Berlian Motor – Bengkel Spesialis Mitsubishi, Jakarta Timur

Tidak banyak pilihan yang tersedia. Kami memilih New Lancer EX  sebagai rekomendasi karena telah mempunyai fitur lengkap. Sayangnya mobil ini tergolong langka sehingga butuh usaha ekstra bila Anda ingin membelinya. Umumnya mobil ini banyak digunakan oleh pembalap nasional sebagai koleksi. Namun pastikan tidak banyak modifikasi bila berencana digunakan untuk sehari-hari. Mesin menjadi poin utama karena mobil ini sudah berteknologi canggih.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Mitsubishi, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
Form Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Mitsubishi menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini

Posted in News and tagged , .