Mitsubishi Pajero VS Toyota Fortuner

Perbandingan Mitsubshi Pajero Sport VS Toyota Fortuner

Perbandingan Mitsubshi Pajero Sport VS Toyota Fortuner | Setelah lebih dari satu dekade Toyota menguasai pasar SUV medium dengan Toyota Fortuner sebagai ujung tombaknya, akhirnya mendapatkan perlawanan sengit dari generasi terbaru All New Fortuner. SUV andalan Mitsubishi itu dibekali amunisi teknologi mesin, dan racikan desain eksterior dan interior memikat untuk mengadang laju pertumbuhan penjualan Fortuner di Indonesia.

Inilah yang menjadikan pertarungan kedua raksasa medium ini menyenangkan untuk disimak. Ini pula yang menjadi alasan kami mempertemukan tipe tertinggi keduanya di tipe 4×2, yaitu Fortuner VRZ dan Pajero Sport Dakar. Mana yang unggul? Simak perbandingannya di bawah ini.

Desain Mitsubishi Pajero Sport VS Toyota Fortuner

pajero-vs-fortuner

Dari segi eksterior, Mitsubishi Pajero Sport menggunakan bahasa desain lebih agresif berkat bahasa desain Dynamic Shield memiliki tampilan yang lebih agresif ketimbang Toyota Fortuner.

Pada Fortuner, bahasa desain ‘Keen Look’ tetap menjadi basis. Sama seperti Pajero Sport, Fortuner juga menggunakan bahasa desain global. Pada Fortuner, lampu utama­nya kini lebih menyipit namun menyuguhkan teknologi yang pertama kali digunakan di kelasnya yaitu Bi-LED, yang berarti Fortuner memiliki lampu jauh dan lampu dekat dalam satu proyektor lampu dengan teknologi LED.

Sementara Pajero Sport desainnya juga menyipit tapi hanya satu lampu LED saja. Tapi Pajero Sport memiliki headlamp washer untuk membersihkan lampu depan sedangkan Fortuner tidak ada.

Keduanya memiliki Daytime ­Running Lights (DRL) yang terintegrasi layaknya SUV premium. Perbedaannya, ada di sektor buritan jika Pajero Sport memiliki signature berupa lampu belakang yang unik jika dibandingkan dengan Fortuner.

Beralih ke sektor interior. Interior Fortuner terbaru lebih mewah jika dibandingkan dengan Pajero Sport. Dashboard Pajero Sport didominasi oleh plastik keras sehingga terkesan murah. Fortuner menggunakan material padded yang lebih lembut. Ini yang tidak ada pada Pajero Sport di semua tipenya.
Keduanya sudah memberikan jok berlapis kulit untuk tipe VRZ dan Dakar. Selain itu keduanya telah memiliki fitur pengaturan jok elektrik di masing-masing kursi pengemudi. Pajero Sport menawarkan sunroof, tetapi Fortuner tidak.

Fitur Mitsubishi Pajero VS Toyota Fortuner

Kami mulai dari fitur hiburan. Di sini Fortuner lebih unggul karena memiliki layar sentuh yang lebih besar yaitu 8 inci, sementara Pajero Sport hanya 6,5 inci. Milik Fortuner lebih canggih dengan menawarkan konektivitas yang lengkap seperti USB, Bluetooth, HDMI hingga kamera parkir, mirroring, koneksi internet dan juga navigasi. Sementara milik Pajero Sport hanya tidak bisa mirroring dan internet. Fortuner juga menempelkan layar monitor 12 inci yang dapat memutar film melalui head unit.

Interior Mitsubishi Pajero

Interior Mitsubishi Pajero

Selain hiburan, fitur yang dimiliki oleh kedua SUV ini juga tergolong canggih. Mitsubishi Pajero Sport sudah dilengkapi dengan rem parkir elektrik di mana Fortuner masih mengandalkan tuas model lama. Tapi Fortuner memiliki kelebihan di pintu bagasi belakang yang sudah otomatis yang disebutnya Power Back Door. Fitur ini memudahkan ketika harus membuka tutup pintu bagasi yang tergolong tinggi dan juga berat. Nah, Pajero Sport tidak memiliki fitur ini, Anda masih harus buka tutup bagasi secara manual.

Interior Toyota Fortuner

Interior Toyota Fortuner

Lain lagi di sektor pendingin ruangan, Mitsubishi Pajero Sport sudah mengadopsi AC digital dual zone climate control sebagai kelengkapan standar di seluruh varian Pajero Sport, sedangkan Fortuner sudah digital namun tidak dual zone. Untuk lingkar kemudi keduanya juga telah memiliki fitur audio steering switch yang memudahkan pengemudi untuk mengatur pilihan audio.

Performa Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner

Inilah titik terkuat Mitsubishi Pajero Sport. Memang Fortuner terbaru sudah mengadopsi mesin baru yaitu 1GD berkapasitas 2,4 liter dengan VNT dan intercooler, dan bertenaga 147 hp dengan torsi 400 Nm.

Pajero Sport juga mengusung mesin baru 4N51 berkapasitas 2,4 liter dengan VGT, bertenaga 178 hp dengan torsi 430 Nm. Sama-sama mengusung mesin 2.4 liter namun tenaga dan torsi Pajero Sport masih unggul 31 hp dari Fortuner dan menjadi yang terbesar di kelasnya sama seperti pendahulunya.

Alhasil saat diuji akselerasi dari diam hingga 100kpj, Pajero Sport ini meraih hasil yang jauh lebih baik yaitu 11,3 detik, unggul 3,2 detik dari Fortuner yang meraih hasil 14,5 detik di jalur yang sama. Pajero Sport menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan, sementara Fortuner yang masih mengandalkan 6-percepatan.

Saat diuji efisiensi bahan bakar, Pajero Sport juga berhasil mengungguli Toyota Fortuner dengan mencatat konsumsi bahan bakar kombinasi dalam dan luar kota sebesar 12,6 kpl sementara Fortuner mencatat hasil sebesar 9,6 kpl. Ini tentu ada andil transmisi 8 percepatan yang digunakannya.

Pajero Sport juga sudah dilengkapi dengan beragam teknologi pada sistem pengeremannya, seperti ABS beserta EBD dan juga BA. Juga dilengkapi dengan piranti cakram di keempat rodanya. Berbeda dengan Fortuner yang hanya dibekali dengan ABS dan EBD saja tanpa BA serta cakram ­hanya di roda depan sedangkan roda belakang mengandalkan tromol.

Hasilnya saat melakukan uji pengereman Pajero Sport dapat melakukan pengereman 80-0 kpj dalam waktu 2,44 detik dengan jarak 19,81 meter. Sedangkan Fortuner baru bisa berhenti total dalam waktu 2,47 detik dan jarak 26,82 meter.

Pengendalian

Satu yang membuat perbedaan pada Fortuner dan Pajero Sport adalah mode berkendara. Ya, Toyota membekali Fortuner dengan pilihan mode berkendara mulai dari Eco, Normal dan Power Mode. Sementara Mitsubishi merasa Pajero Sport tak perlu ada mode berkendara.

Adanya fitur mode berkendara Eco dan Power Mode pada Fortuner, membuat pengendalian sedikit lebih menyenangkan. Mode Eco lebih difokuskan saat berkendara di dalam kota dengan mementingkan efisiensi bahan bakar dan sedikit mengorbankan performa. Namun saat berkendara di jalan bebas hambatan apalagi saat harus menaklukan kontur jalan yang menanjak lebih nikmat dengan Power Mode.

Selebihnya baik Fortuner dan Pajero Sport sama-sama sudah dibekali dengan paddle shift yang membuat mengemudi jarak jauh menjadi lebih menyenangkan. Dan untuk faktor kenyamanan berkendara, Fortuner masih mempertahankan kenyamanan bagi penumpangnya seperti generasi sebelumnya. Sementara Pajero Sport pun berbenah dengan membuat generasi terbarunya jauh lebih nyaman dari sebelumnya.

Jika basis konstruksi suspensi yang dimiliki oleh Pajero Sport generasi sebelumnya serupa dengan yang dimiliki oleh pickup double cabin Mitsubishi Triton, maka pada generasi terbaru ini, suspensinya dirancang khusus agar lebih nyaman.

Ditambah dengan adanya fitur Hill Start Assist dan Active Stability & Traction Control System yang menjaga kestabilan mobil membuat pengemudi dapat berkendara dengan percaya diri. Hal ini yang tidak dimiliki oleh Fortuner. Untuk kenyamanan di baris ketiga, Toyota keduanya sama saja. Tidak maksimal untuk dipergunakan untuk perjalanan jauh, utamanya bagi penumpang dewasa.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami Langsung di no
Klik Whatsapp: 085277956145
Klik Telp: 085277956145

___________________________________
Atau Klik Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Form Simulasi Kredit Form Tukar Tambah
___________________________________
Customer Service | otosentrum.com
Alia April
Bayu Aji Ramadhan
Alamat Dealer Mitsubishi

Posted in News and tagged , , , , .